SKS, efektif ??

Hallo Sobat Ketikers !!!




Di postingan kali ini, saia akan bercerita tentang Sistem Kebut Semalam, atau yang sering disebut SKS. Bagi sebagian pelajar dan mahasiswa seperti saia, tentu paham mengenai sistem ini. Sistem dimana mengerjakan suatu tugas ataupun belajar untuk ujian, tapi sangat mepet dengan deadline, bahkan pelaksanaannya pada malam hari sebelum deadline.

Mungkin para pelakunya ( termasuk saia ) terinspirasi dari Bandung Bondowoso yang mampu membuat 999 candi dalam semalam. Terinspirasi dari pembuatan teks Proklamasi yang dibuat dalam waktu semalam, atau bahkan mengamalkan pesan dalam teks Proklamasi, menjalankan sesuatu dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Karena sudah pernah saia alami dan melihat teman-teman saia ada yang menggunakan sistem ini, muncul satu pertanyaan, EFEKTIFKAH ?

Jawaban singkatnya, TIDAC. 

Beberapa orang menganggap itu adalah hal yang baik, karena pada saat keadaan terdesak tubuh kita akan menghasilkan Hormon Adrenaline yang membuat kita bekerja lebih efektif dalam kondisi terdesak. Pernyataan tersebut memang benar, namun efeknya tidak berlangsung lama. Yang pada akhirnya, korbannya adalah otak kita yang semakin lelah.

Pada esok harinya, kita akan merasa lelah dan mengantuk, karena begadang malam harinya. Tidak akan fokus dalam mengerjakan ujian. Ditambah lagi, hal yang dipelajari hanya akan masuk pada short-term memory atau memori jangka pendek yang tidak akan berahan lama.

Jika sudah tau tidac berfaedah, kenapa masih ada yang melakukan ?

Intinya, dalam dunia psikologi, manusia memang diciptakan, memiliki sebuah anggapan atau perasaan bahwa sesuatu tidak terasa berat sebelum dekat dengan deadline. Jika masih jauh hari sebelum deadline, kita merasa pekerjaan itu mudah. Barulah saat mendekati deadline, manusia menganggapnya berat. Ditambah naluri bawaan manusia pada zaman dahulu, dimana manusia purba hanya akan berburu saat merasa lapar.

Efektif atau tidak, itu tergantung masing-masing individu.
Tapi ingat, pepatah saja berkata......

"BERSAKIT-SAKIT DAHULU, BERSENANG-SENANG KEMUDIAN "

So, ga ada salahnya kan kalau dikerjakan lebih awal ??


Oke, Sobat. Sekian postingan saia kali ini. Jangan lupa berkomentar di kolom di bawah, untuk kemajuan blog ini. Dan silahkan share jika Sobat menganggap postingan ini bermanfaat.


Seperti biasa, Terimakasih, dan just do it ma frenzz...











Komentar

Postingan populer dari blog ini

ES MENCAIR ?!!

PLUTO, Riwayatmu Kini

In True